Musyawarah Masyarakat Desa dan Surve Mawas Diri 2018

#
Musyawarah masyarakat Desa 2018

Tlogoweru , 8 Januari 2019

Survei Mawas Diri adalah kegiatan untuk mengenali keadaan dan masalah yang dihadapi masyarakat, serta potensi yang dimiliki masyarakat untuk mengatasi masalah tersebut. Potensi yang dimiliki antara lain ketersediaan sumber daya, serta peluang-peluang yang dapat dimobilisasi. Hal ini penting untuk diidentifikasi oleh masyarakat sendiri, agar selanjutnya masyarakat dapat digerakkan untuk berperan serta aktif memperkuat upaya-upaya perbaikannya, sesuai batas kewenangannya.

Tahapannya dimulai dari pengumpulan data primer dan data sekunder, pengolahan dan penyajian data masalah dan potensi yang ada dan membangun kesepakatan bersama masyarakat dan kepala desa/kelurahan, untuk bersama-sama mengatasi masalah kesehatan di masyarakat.

Pembelajaran oleh masyarakat, untuk masyarakat. Puskesmas sebagai pendamping dan nara sumber. Kalau semua dilakukan oleh Puskesmas maka masyarakat tidak belajar sesuatu.

Salah satu tujuan SMD adalah: masyarakat dapat mengetahui masalah kesehatan diwilayahnya sehingga bisa menyusun program untuk mengatasinya dan menyambut program pengentasan wilayah dari diare menjadi gerakan masyarakat; Puskesmas bisa memberi masukan program apa saja untuk mengatsi diare; Cuci tangan pakai sabun, enam langkah mencuci tangan, Tidak BAB disembarang tempat (ODF), Satu rumah satu jamban, program air bersih, dll.

Salah satu pembelajaran yang penting dalam SMD adalah dapat membedakan antara, Keinginan terhadap suatu pelayanan kesehatan, dan Kebutuhan pelayanan kesehatan karena adanya masalah kesehatan di wilayahnya. Pelayanan diare akan dibutuhkan masyarakat jika memang masih sering terjadi KLB diare, sedangkan bedah plastic tidak dibutuhkan masyarakat.

Survei Mawas Diri dan Musyawarah Masyarakat Desa merupakan suatu rangkaian dengan Musrenbang Desa

Kegiatan Survei Mawas Diri dan Musyawarah Masyarakat Desa di Desa Tlogoweru Demak di biayai dengan Dana Desa tahun anggaran 2018.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan