Tlogoweru Demak di tahun 2018 Panen Padi Melimpah

foto ; Sukip)

Sabtu 3 Maret 2018, di Desa Tlogoweru Demak pada musim panen MT I tahun 2018 panen padinya melimpah.

Panen padi untuk tahun ini hasilnya meningkat , yang biasanya panen padi sawah rata-rata 6 ton / Ha gabah kering panen, kali ini meningkat menjadi 7 ton / Ha gabah kering panen. Peningkatan produksi gabah tahun ini dikarenakan Desa Tlogoweru Guntur Demak menggunakan pengendalian hama padi secara alami.

pengendalian hama tikus secara alami menggunakan burung pemangsa tikus Tyto alba. sedangkan untuk hama wereng dan penggerek batang dikendalikan secara alami dengan bunga Refugia. Desa Tlogoweru Demak mengendalikan hama tikus secara alami sejak tahun 2011. Kini hasil padi bisa dibilang meningkat karena, serangan organisme pengganggu tanaman dapat diatasi secara alami.

Mulai tahun 2017 Desa Tlogoweru sudah mulai menggunakan Bunga Refugia untuk mengendalikan hama wereng dan penggerek batang secara alami. Pada tahun 2018 Musim Tanam I hasil panen padi melimpah. Bahkan yang biasanya memanen padi dengan alat DOS atau Erek ( alat perontok padi konvensional ) kini harus menggunakan Combine Besar. Combine Besar didatangkan untuk memanen padi pada MT I di Desa Tlogoweru Demak.

Pemanenan dengan combine besar memiliki keunggulan yaitu kwalitas gabah lebih baik, karena tidak terkena air dan lumpur sawah. Disamping itu memiliki kelebihan lain yaitu jeraminya langsung tersebar di area persawahan dan dijadikan kompos. Limbah jerami yang tersebar di sawah dan menjadi kompos secara alami akan menjadi pupuk organik sehingga menghemat pupuk Kimia.

Panen padi yang melimpah di Desa Tlogoweru Demak akan dapat meningkatkan pendapatan perkapita. Dengan meningkatnya pendapatan perkapita meningkatkan pula kesejahteraan warga Desa Tlogoweru Demak. Begitu juga kesejahteraan warga Desa Tlogoweru yang berpenghasilan dari hasil pertanian.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan